Selasa, 08 Oktober 2013

    Sejarah Motor

    SEJARAH MOTOR

    Sejarah sepeda motor dimulai pada paruh kedua abad ke-19. Sepeda motor adalah keturunan dari " sepeda keamanan , "sepeda dengan roda depan dan belakang dengan ukuran yang sama dan mekanisme engkol pedal untuk menggerakkan roda belakang. Meskipun beberapa awal landmark dalam perkembangannya, sepeda motor tidak memiliki silsilah kaku yang dapat ditelusuri kembali dengan ide tunggal atau mesin. Sebaliknya, ide tampaknya telah terjadi ke berbagai insinyur dan penemu di Eropa pada sekitar waktu yang sama.


     

     

    Tenaga uap

     


    Lucius Copeland 1894
     
    Pada 1860-an Pierre Michaux , seorang pandai besi di Paris, didirikan 'Michaux et Cie' ("Michaux dan perusahaan"), perusahaan pertama untuk membangun sepeda dengan pedal disebut beroda pada saat itu, atau "Michauline". Yang pertama steam motor bertenaga, yang beroda uap Michaux-Perreaux , dapat ditelusuri ke 1867, ketika putra Ernest Michaux Pierre dilengkapi mesin uap kecil untuk salah satu 'velocipedes'.
    Desain pergi ke Amerika Serikat ketika Pierre Lallement , seorang karyawan Michaux yang juga mengaku telah mengembangkan prototipe pada tahun 1863, mengajukan paten sepeda pertama dengan kantor paten AS pada tahun 1866. Pada tahun 1868 seorang Amerika, Sylvester Roper H. dari Roxbury, Massachusetts mengembangkan silinder kembar beroda uap , dengan boiler berbahan bakar batubara antara roda. Roper kontribusi untuk pengembangan sepeda motor tiba-tiba berakhir ketika ia meninggal menunjukkan salah satu mesin di Cambridge, Massachusetts pada tanggal 1 Juni 1896. Juga pada tahun 1868, seorang insinyur Perancis Louis-Guillaume Perreaux mematenkan steam yang sejenis bertenaga mesin silinder tunggal, Michaux-Perreaux uap beroda , dengan burner alkohol dan drive belt kembar, yang mungkin diciptakan secara independen dari Roper. Meskipun paten adalah tanggal 1868, tidak ada yang menunjukkan penemuan telah beroperasi sebelum tahun 1871.
    Pada tahun 1881, Lucius Copeland dari Phoenix, Arizona merancang ketel uap jauh lebih kecil yang dapat mendorong roda belakang besar dari Star American tinggi wheeler pada 12 mph. Pada tahun 1887 Copeland membentuk Northrop Manufacturing Co untuk memproduksi pertama yang berhasil 'Moto-Cycle' (sebenarnya bajaj). 

    Minyak listrik

     


    Replika dari 1885 Daimler-Maybah Reitwagen
     
    The Reitwagen dirancang dan dibangun oleh penemu Jerman Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Bad Cannstatt , dekat Stuttgart , pada tahun 1885. Ini adalah pertama minyak kendaraan bertenaga, berjalan pada lampu bensin . mesin sebelumnya dirancang oleh Nikolaus Otto telah didukung oleh gas kota .  Nama Jerman Reitwagen berarti "naik mobil". Daimler menciptakan mesin ini semata-mata sebagai testbed untuk membuktikan bahwa mesin Jam Kakek bisa bekerja di dalam kendaraan.

    Produk komersial pertama

    Dalam dekade dari akhir 1880-an, puluhan desain dan mesin muncul, terutama di Perancis, Jerman dan Inggris, dan segera menyebar ke Amerika. Selama periode awal sejarah sepeda motor, ada banyak produsen karena pembuat sepeda beradaptasi mereka desain untuk baru mesin pembakaran internal .
    Pada tahun 1894, Hildebrand & Wolfmüller menjadi sepeda motor pertama yang tersedia untuk umum untuk pembelian.Namun, hanya beberapa ratus contoh motor ini yang pernah dibangun. Segera, sebagai mesin menjadi lebih kuat dan desain outgrew asal sepeda, jumlah produsen berorientasi sepeda motor meningkat.
    Motor pertama yang dikenal di Amerika Serikat dikatakan dibawa ke New York oleh Perancis sirkus pemain , pada tahun 1895. Beratnya sekitar £ 200 (91 kg) dan mampu 40 mph (64 km / jam) pada permukaan yang datar. Namun, pada tahun yang sama, seorang penemu asal Amerika Serikat, EJ Pennington , menunjukkan sepeda motor nya desain sendiri di Milwaukee . Pennington mengklaim mesinnya mampu kecepatan 58 mph (93 km / jam), dan dikreditkan dengan menciptakan istilah "sepeda motor" untuk menggambarkan mesin-nya.

    Abad ke-20

    Sebelum Perang Dunia II


    A 1913 FN (Fabrique National), Belgia, 4cylinders dan drive shaft
    Pada tahun 1901 Inggris quadricycle dan pembuat sepeda Royal Enfield memperkenalkan sepeda motor pertama, dengan mesin 239 cc yang dipasang di depan dan mengemudi roda belakang melalui sabuk. Pada tahun 1898, pembuat sepeda Inggris Triumph memutuskan untuk memperpanjang fokusnya meliputi sepeda motor, dan pada 1902, perusahaan telah menghasilkan perusahaan sepeda motor sepeda pertama dilengkapi dengan mesin Belgia-built. Pada tahun 1903, penjualan sepeda motor Triumph sebagai topped 500, perusahaan Amerika Harley-Davidson mulai memproduksi sepeda motor.
    Pada 1901, India Motocycle Manufacturing Company , yang telah didirikan oleh dua mantan pembalap sepeda, dirancang yang disebut "berlian dibingkai" Tunggal India, yang mesin dibangun oleh Kantor Aurora di Illinois per spesifikasi India itu. Tunggal ini tersedia dalam biru. Produksi India itu hingga lebih dari 500 sepeda pada tahun 1902, dan akan meningkat menjadi 32.000, yang terbaik yang pernah, pada tahun 1913.
    Selama periode ini, eksperimentasi dan inovasi yang didorong oleh olahraga baru populer balap motor , dengan insentif yang kuat untuk menghasilkan tangguh, cepat, mesin handal. Peningkatan ini cepat menemukan jalan mereka ke mesin masyarakat.


    A 1923 BMW R32 , dengan poros-drive, kembar petinju mesin
    Kepala Agustus Vollmer dari Berkeley, California Departemen Kepolisian dikreditkan dengan mengorganisir resmi pertama motor polisi patroli di Amerika Serikat pada tahun 1911. Pada tahun 1914, sepeda motor tidak lagi hanya sepeda dengan mesin, mereka memiliki teknologi mereka sendiri, meskipun banyak masih mempertahankan unsur sepeda, seperti kursi dan suspensi.

    Sebuah pra-perang Polandia Sokol 1000

    Sebuah bersejarah V-twin sepeda motor Amerika - sebuah 1941 Crocker
    Sampai Perang Dunia Pertama , India adalah produsen sepeda motor terbesar di dunia. Setelah itu, kehormatan ini pergi ke Harley-Davidson, sampai 1928 ketika DKW mengambil alih sebagai produsen terbesar. sepeda motor BMW datang di tempat kejadian pada tahun 1923 dengan poros penggerak dan "petinju" lawan-twin atau mesin tertutup dengan transmisi dalam aluminium perumahan tunggal.
    Pada tahun 1931, India dan Harley-Davidson adalah hanya dua produsen Amerika memproduksi sepeda motor komersial. Ini dua-perusahaan persaingan di Amerika Serikat tetap sampai tahun 1953, ketika pabrik motor India di Springfield, Massachusetts tertutup dan Royal Enfield mengambil alih Nama India. 
    Ada lebih dari 80 merek yang berbeda dari sepeda motor yang tersedia di Inggris pada 1930-an, dari Marques akrab seperti Norton , Triumph dan AJS ke jelas, dengan nama-nama seperti New Gerrard, NUT, SOS, Chell dan Whitwood, sekitar dua kali lebih banyak sepeda motor membuat bersaing di pasar dunia selama awal abad ke-21.
    Pada tahun 1937, Joe Petrali menetapkan baru rekor kecepatan darat dari 136,183 mph (219,165 km / jam) pada modifikasi Harley-Davidson 61 inci kubik (1.000 cc) biaya overhead valve-driven sepeda motor. Pada hari yang sama, Petrali juga memecahkan mempercepat rekor 45 inci kubik (737 cc) mesin sepeda motor.
    Di Eropa, permintaan produksi, didorong oleh penumpukan ke Perang Dunia II , termasuk sepeda motor untuk penggunaan militer, dan BSA memasok 126.000 BSA M20 sepeda motor kepada angkatan bersenjata Inggris, dimulai pada tahun 1937 dan berlanjut sampai 1950. Royal Enfield juga memproduksi sepeda motor untuk militer, termasuk cc motor 125 ringan yang dapat dijatuhkan (dalam sangkar tabung parasut pas) dari pesawat terbang.

    Setelah Perang Dunia II


    Sebuah asli Vespa dengan sespan
    Setelah Perang Dunia II , beberapa veteran Amerika menemukan pengganti persahabatan, kegembiraan, bahaya dan kecepatan kehidupan pada perang di sepeda motor. Dikelompokkan ke dalam klub terorganisir secara longgar, pengendara sepeda motor di AS menciptakan-lembaga sosial baru pengendara sepeda motor atau "bikers"-yang kemudian miring oleh "penjahat" persona Marlon Brando digambarkan dalam film 1954 The Wild One .
    Di Eropa, di sisi lain, produsen sepeda motor pasca-perang lebih peduli dengan merancang praktis, transportasi ekonomis daripada aspek-aspek sosial, atau "biker" gambar. desainer Italia Piaggio memperkenalkan Vespa pada tahun 1946, yang mengalami langsung dan meluas popularitas. Impor dari Inggris, Italia dan Jerman, demikian menemukan ceruk di pasar AS bahwa sepeda Amerika tidak mengisi.
    The BSA Grup membeli Sepeda Motor Triumph pada tahun 1951 untuk menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia mengklaim "satu dari empat". The Jerman NSU adalah produsen terbesar dari tahun 1955 sampai 1959 ketika Honda menjadi produsen terbesar . [17] [18]

    A 1962 Triumph Bonneville mewakili popularitas sepeda motor Inggris pada waktu itu
    Inggris produsen Triumph, BSA, dan Norton mempertahankan posisi dominan di beberapa pasar sampai munculnya produsen Jepang (dipimpin oleh Honda) pada akhir tahun 1960 dan awal tahun 1970. Peran sepeda motor bergeser pada tahun 1960, dari alat hidup untuk mainan dari gaya hidup. Ini menjadi bagian dari suatu gambar, status, ikon budaya individualisme, prop di Hollywood B-film. [8]
    Sepeda motor juga menjadi mesin rekreasi untuk olahraga dan rekreasi, kendaraan untuk pemuda riang, transportasi tidak penting untuk dewasa keluarga pria atau wanita, dan Jepang mampu menghasilkan desain modern lebih cepat, lebih murah, dan kualitas yang lebih baik daripada mereka pesaing. Sepeda motor mereka lebih gaya dan lebih dapat diandalkan, sehingga produsen Inggris jatuh di belakang sebagai produsen pasar massal.
    Honda, yang secara resmi didirikan di Jepang pada tanggal 24 September 1948, memperkenalkan mereka SOHC inline empat silinder CB750 tahun 1969, yang murah dan segera berhasil.Ini mendirikan-frame-empat di-konfigurasi mesin sebagai desain yang sangat potensial untuk daya dan kinerja. Tak lama setelah pengenalan SOHC, Kawasaki menunjukkan potensi dari mesin empat silinder empat-stroke dengan pengenalan KZ900 .
    Suzuki , Kawasaki dan Yamaha masing-masing mulai memproduksi sepeda motor pada tahun 1950. Sementara itu, matahari terbenam pada kekuasaan Inggris atas pasar sepeda motor besar-perpindahan.

    Dominasi Jepang


    The Honda CB750 merevolusi pemasaran sepeda motor dan adalah simbol dari dominasi Jepang
    Keunggulan sepeda motor Jepang menyebabkan efek yang sama pada semua "Barat" pasar: banyak perusahaan sepeda Italia baik bangkrut atau hanya berhasil untuk bertahan hidup. Akibatnya penjualan BMW di seluruh dunia merosot di tahun 1960, tapi kembali kuat dengan pengenalan sepenuhnya didesain ulang "slash-5" seri untuk model tahun 1970.
    Dari tahun 1960 hingga 1990, sepeda motor dua-stroke kecil yang populer di seluruh dunia, sebagian sebagai akibat dari Jerman Timur kerja mesin Walter Kaaden di tahun 1950, kemudian diakuisisi oleh Suzuki melalui rencana dicuri disediakan oleh MZ pembalap Ernst Degner , yang membelot ke Barat pada 13 September 1961 setelah pensiun dari 125cc Swedia Grand Prix di Kristianstad.
    Harley-Davidson (HD) di Amerika Serikat pada saat itu menderita masalah yang sama seperti perusahaan-perusahaan Eropa, tapi jangkauan unik produk, undang-undang tarif Amerika dan nasionalisme-driven loyalitas pelanggan memungkinkan untuk bertahan hidup. Satu cacat dugaan, bagaimanapun, mempertahankan karakteristik HD 45 ° mesin vee-angle , yang menyebabkan kelebihan getaran serta suara HD loping.
    Sebuah pabrik full fairing diperkenalkan oleh sepeda motor BMW di R100RS tahun 1977, pabrik fairing pertama yang diproduksi dalam kuantitas. Pada tahun 1980, BMW merangsang "tur petualangan" kategori sepeda motor dengan yang dual-olahraga model, R80G / S . Pada tahun 1988, BMW adalah produsen sepeda motor pertama yang memperkenalkan anti-lock-rem (ABS) pada perusahaan olahraga K100RS-SE dan K1 model.

    Saat ini


    A 2004 Kawasaki ZX-7RR
    Hari ini pabrikan Jepang, Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha mendominasi industri sepeda motor besar, meskipun Harley-Davidson masih mempertahankan tingkat tinggi popularitas, terutama di Amerika Serikat.
    Beberapa tahun terakhir telah melihat kebangkitan dalam popularitas di seluruh dunia banyak merek lain sepeda motor, termasuk BMW, Triumph dan Ducati , dan munculnya Kemenangan sebagai sukses kedua massal pembangun kapal pesiar Amerika besar-twin.
    Pada bulan November 2006, perusahaan Belanda EVA Products BV Holland mengumumkan bahwa tersedia secara komersial pertama motor diesel , Track T-800CDI nya, mencapai status produksi.Track menggunakan T-800CDI 800 cc tiga silinder Daimler Chrysler diesel mesin. Namun, produsen lain, termasuk Royal Enfield, telah memproduksi sepeda bertenaga diesel setidaknya sejak 1965.

    Di negara berkembang


    Sepeda motor lalu lintas di Bangkok
    Ada permintaan besar bagi perusahaan kecil, sepeda motor murah di negara berkembang, dan banyak perusahaan memenuhi bahwa permintaan kini juga bersaing di pasar yang matang, seperti China Hongdou yang membuat versi Honda 's terhormat CG125 .
    Ojek adalah limusin negara berkembang. Skuter, moped dan sepeda motor menawarkan cara yang cepat, murah dan berisiko sekitar geram lalu lintas dan angkutan massal yang langka, karena mereka dapat dengan mudah masuk melalui kemacetan.
    Pertama etanol bahan bakar fleksibel sepeda motor di dunia diluncurkan untuk pasar Brasil oleh Honda pada bulan Maret 2009 yang CG 150 Titan Mix . Selama delapan bulan pertama setelah pasar meluncurkan CG 150 Titan Mix telah menangkap 10,6% pangsa pasar , dan peringkat kedua dalam penjualan sepeda motor baru di pasar Brasil pada tahun 2009. Pada bulan September 2009, Honda meluncurkan motor bahan bakar fleksibel kedua, dan pada bulan Desember 2010 kedua Honda fleksibel sepeda motor bahan bakar telah mencapai produksi kumulatif 515.726 unit, mewakili pangsa pasar 18,1% dari penjualan sepeda motor baru Brazil pada tahun itu. Pada Januari 2011 terdapat empat model sepeda motor flex-fuel yang tersedia di pasar, dan produksi mencapai satu juta tonggak pada Juni 2011.

     INFO :http://en.wikipedia.org/wiki/Motorcycle_history

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar